Slawi, Kab. Tegal- Kantor Urusan Agama (KUA)
Kecamatan Slawi menjadi satu diantara 5 KUA di Kabupaten Tegal yang ditetapkan oleh
Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai piloting program Revitalisasi
KUA. Sejak digulirkan pada 2021 lalu oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil
Qoumas, Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) menjadi program prioritas yang
terus dilakukan Kementerian Agama.
Program Revitalisasi sendiri
merupakan bagian dari sarana perbaikan standar pelayanan publik pada KUA
kecamatan, seperti transformasi digital serta penguatan kinerja terhadap
petugas-petugas di KUA, seperti Pengadministrasi, penghulu dan penyuluh.
Sejalan dengan itu disampaiakn kepada tim
media Rabu (23/10/2024) H. Masrohan selaku Kepala KUA Slawi mengakui bahwa sarana
prasarana yang secara bertahap mulai tersedia dan lengkap pada KUA revitalisasi
ataupun KUA Pusaka Sakinah akan menjadi jembatan dari transformasi digital itu
sendiri.
Salah
satunya adalah penggunaan Standing Display di bagian Front Office atau
ruang pelayanan KUA Slawi. Layar monitor besar ini dirancang sebagai pusat informasi
digital yang menyediakan berbagai layanan KUA, ini memungkinkan masyarakat untuk mengakses
seluruh layanan digital KUA dengan lebih mudah, cepat, dan efisien seperti Sistem Informasi
Manajemen Nikah (Simkah) berbasis web, Sistem Informasi Wakaf (Siwak), dan
Sistem Informasi Masjid (Simas). Pengguna dapat langsung mencari
informasi hanya dengan beberapa sentuhan pada layar, tanpa perlu menunggu lama
atau bertanya kepada petugas.
Kepala KUA Slawi, H. Masrohan,
menyampaikan bahwa standing display ini merupakan bagian dari transformasi
digital di KUA. “Kami ingin memastikan bahwa masyarakat
dapat merasakan manfaat dari teknologi dalam pengurusan administrasi pernikahan
dan layanan keagamaan lainnya. Dengan monitor besar ini, mereka bisa mengakses
informasi dengan cepat dan mandiri, sekaligus mendapatkan panduan visual yang
jelas,” ujarnya.

Kemudahan penggunaan standing display ini
juga didukung oleh keramahan dan profesionalitas petugas KUA yang siap membantu
jika ada kesulitan. Petugas memberikan penjelasan yang jelas dan sigap dalam
mendampingi masyarakat, sehingga proses pelayanan berjalan dengan lancar.
Salah satu calon pengantin, Mei Dwi, mengungkapkan kepuasannya dengan fasilitas baru ini. “Saya
sangat terbantu dengan adanya layar monitor besar ini. Semua informasi dan proses yang
saya butuhkan sudah ada di sana, dan petugasnya pun sangat ramah dan membantu,”
katanya.
Dengan
adanya inovasi ini, KUA Slawi berharap dapat memberikan pengalaman yang lebih
baik dalam pengurusan layanan keagamaan, serta meningkatkan kepuasan masyarakat
yang datang untuk mendapatkan layanan. Teknologi Standing Display ini
tidak hanya membuat akses informasi lebih mudah, tetapi juga mendukung
efisiensi kerja KUA dalam melayani masyarakat dengan lebih cepat dan tepat.
17/PC APRI Kab. Tegal