Inovasi Layanan Digital KUA Susukan Dapat Apresiasi dalam Roadshow Bupati dan Wakil Bupati Banjarnegara
Informasi

Inovasi Layanan Digital KUA Susukan Dapat Apresiasi dalam Roadshow Bupati dan Wakil Bupati Banjarnegara

  16 Jul 2025 |   168 |   Penulis : APRI mBanjar|   Publisher : Biro Humas APRI Jawa Tengah

Banjarnegara — Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menggelar kegiatan Roadshow Bupati dan Wakil Bupati di Aula Korwilcam Dikpora Kecamatan Susukan.(15/7) Acara ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta yang terdiri dari perangkat desa se-Kecamatan Susukan, unsur Forkopimda, serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini bertujuan mempererat koordinasi antara pemerintah daerah dan desa, serta menyampaikan arahan strategis untuk pembangunan wilayah. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Banjarnegara, Wakhid Jumali, menekankan pentingnya upaya menekan angka kemiskinan melalui penguatan ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat. “Pemerintah desa perlu mengoptimalkan lembaga seperti Bumdes dan LKD untuk menggerakkan ekonomi lokal,” ujarnya.

Selain pembinaan dari Polres dan pemaparan program “Jaga Desa: Jaksa Garda Desa” oleh Kejaksaan Negeri, kegiatan ini juga menjadi ajang apresiasi terhadap inovasi pelayanan publik yang dilakukan di tingkat kecamatan. Salah satu yang mendapat perhatian adalah KUA Susukan.

Camat Susukan, Suroso, menyampaikan apresiasi terhadap layanan online yang diinisiasi oleh KUA Susukan. Program ini menjadi simbol dari kemudahan layanan berbasis teknologi. KUA Susukan kini menyediakan berbagai layanan berbasis online, seperti legalisir dokumen, pendaftaran nikah, hingga penerbitan rekomendasi nikah. “Kini, warga tidak perlu mengantri atau datang ke KUA, bahkan bisa sambil ngopi, karena layanan seperti legalisir dan rekomendasi nikah sudah bisa diakses secara online,” ungkapnya.

Ia juga menyoroti keberhasilan pelaksanaan Nikah Massal Tahun 2024 sebagai bentuk kolaborasi yang baik antar instansi di wilayah Susukan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi lembaga lainnya dalam meningkatkan mutu pelayanan publik secara berkelanjutan.(yay/smtr)

 

Share | | | |