Diseminasi Organisasi dan Tata Kerja KUA
Nasional

Diseminasi Organisasi dan Tata Kerja KUA

  09 Dec 2024 |   200 |   Penulis : Biro Humas APRI Jawa Barat|   Publisher : Biro Humas APRI Jawa Barat

Sukabumi – Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah selenggarakan Diseminasi Organisasi dan Tata Kerja  KUA pada 05 - 06 Desember 2024 Kegiatan bertempat di Hotel Horison Sukabumi.
Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai tindak lanjut terbitnya PMA 24 Tahun 2024 tentang Organisasi dan Tata Kerja KUA. Hadir dalam kegiatan tersebut Penghulu Penyuluh dan pelaksana pada KUA Kabupaten dan Kota Sukabumi. Hadir  juga Kasi Bimas Islam Kabupaten dan Kota Sukabumi. Sehingga jumlah seluruh pegawai yang mengikuti kegiatan diseminasi ini sebanyak 40 orang.
Narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Subdirektorat Bina Kepenghuluan di Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Wildan Hasan Syadzili. beliau menyampaikan materi tentang PMA 24 Tahun 2024 sebagaimana KUA memiliki fungsi :
1. Pelayanan, pengawasan, pencatatan pernikahan, dan pelaporan nikah dan rujuk; 
2. Pelayanan bimbingan perkawinan dan keluarga sakinah; 
3. Pelayanan bimbingan kemasjidan; 
4. Pelayanan konsultasi syariah; 
5. Pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam; 
6. Pelayanan bimbingan zakat dan wakaf; 
7. Pengelolaan data dan pemanfaatan informasi keagamaan; dan 
8. Pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA

“Jika selama ini kita bekerja karena kebiasaan maka sekarang polanya harus diubah menjadi bekerja semestinya sehingga bisa menjawab kebutuhan masyarakat,” jelas Wildan. Ia pun berpendapat program-program yang dilakukan harus sesuai dengan kebutuhan.  “Regulasi perubahan sangat dinamis dalam menjawab kebutuhan. Mari mengubah pola fikir dari bekerja ‘biasanya’ menjadi ‘semestinya’,” jelas Wildan.
Dalam pemaparannya Wildan berharap semua pegawai KUA dapat berkomunikasi dengan baik atau komunikasi efektif. Selain itu KUA perlu meningkatkan pelayanan dengan lebih baik lagi, ia juga berharap dengan melalui kegiatan ini dapat terwujudnya SDM KUA yang memahami perannya sebagai pelayanan kepada masyarakat.

Share | | | |