Silinda, (Humas). Menyikapi hasil Rakor jajaran Kemenag Kabupaten Serdang Bedagai via zoom Minggu, (31/08), Kepala KUA Silinda beserta Penghulu dan Penyuluh Agama Islam menggelar rapat koordinasi kinerja dan pelayanan sebagai respons terhadap perkembangan situasi dan kondisi kekinian. Rapat yang diadakan pada (01/09) di Balai Nikah bertujuan untuk mengevaluasi kinerja, mengidentifikasi tantangan, serta merumuskan strategi peningkatan pelayanan.
Kepala KUA Silinda, Edi Syahputera Siregar menekankan pentingnya adaptasi dan inovasi dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan efisien, sekaligus mampu berkomunikasi dengan baik. "Dengan meminjam istilah pak Kakan, ucapan yang masih dimulut adalah milik kita, sedangkan ucapan yang keluar dari mulut menjadi milik dan dikonsumsi oleh masyarakat untuk itu diperlukan kehati-hatian dalam berkomunikasi," jelasnya.
"Kita selaku pelayan masyarakat diharapkan mampu memberikan kontribusi keteduhan, ketenangan dalam rangka meningkatkan kepercayaan, sehingga menumbuhkan stigma positif terhadap institusi KUA. Selain itu Kakan Kemenag mengingatkan agar tetap menjaga penampilan rapi, bersahaja, tidak berlebihan agar tidak memunculkan Kecemburuan di tengah masyarakat," tambah beliau lagi.
Adapun poin penting yang dibahas dalam rapat ini adalah, jam masuk dan jam pulang kerja sebagaimana biasanya sesuai dengan aturan yang ada. Jaga kekompakan dan profesionalitas selaku tim kerja saat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menggunakan dan mengedepankan bahasa yang menyejukkan serta prilaku santun kepada masyarakat saat meminta pelayanan.
Bijak serta hati-hati dalam menggunakan media sosial. Lebih menggiatkan kembali kegiatan keagamaan sebagai contoh pelaksanaan zikir serta sholawatan mendoakan kedamaian diri keluarga dan negeri. Hidup bersahaja dan sederhana jauhkan sifat hedonis guna menghindari kecemburuan. Hidupkan rasa cinta dan tanggung jawab akan pekerjaan sebagai komitmen pribadi selaku abdi negara.
Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat komitmen KUA Silinda dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. KUA Silinda berkomitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman demi mewujudkan pelayanan yang prima dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Diakhir rapat Ka KUA membuat kalimat penutup untuk menggalakkan kekompakan antar pegawai. "Teruslah jaga kekompakan, mari sama-sama bekerja guna mewujudkan KUA berintegritas keluarga berkualitas," jelasnya. (MHS/RIH)