KUA Batanghari Dorong Layanan Adaptif Melalui Konsolidasi Internal
Informasi

KUA Batanghari Dorong Layanan Adaptif Melalui Konsolidasi Internal

  17 Jul 2025 |   39 |   Penulis : PC APRI Lampung Timur |   Publisher : Biro Humas APRI Lampung

Lampung Timur (Humas KUA) — Kantor Urusan Agama (KUA) Batanghari menggelar pengarahan internal pada Kamis (17/07/2025) di ruang kerja Kepala KUA sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas layanan keagamaan yang adaptif, responsif, dan berdampak nyata bagi masyarakat.


Kegiatan ini diikuti oleh tenaga tata usaha serta penyuluh agama Islam P3K. Pengarahan difokuskan pada penguatan peran kelembagaan dalam mendukung program strategis Kementerian Agama, khususnya pada sektor zakat, wakaf produktif, dan pelayanan publik berbasis kebutuhan masyarakat.

Kepala KUA Batanghari, H. Subhan, S.Ag., M.Sy., menegaskan pentingnya kesiapan seluruh unsur pegawai dalam menghadapi dinamika sosial yang terus berkembang.

“Masyarakat memerlukan layanan keagamaan yang solutif dan memberdayakan. Karena itu, peningkatan literasi zakat, wakaf produktif, serta penguatan kapasitas SDM harus menjadi prioritas bersama,” ujarnya.

Pengarahan ini disambut positif oleh Puspita Rini tenaga tata usaha KUA Batanghari, mengungkapkan bahwa pengarahan tersebut memperkuat kesadaran kolektif akan pentingnya peran administratif dalam mendukung layanan keagamaan.

“Ini menjadi dorongan bagi kami untuk meningkatkan profesionalisme dan sinergi kerja,” tuturnya.

Sementara itu, Nurlailani, menyebut pengarahan ini sebagai penyegaran semangat bagi para penyuluh agar lebih relevan dalam mendampingi umat.

“Kami merasa lebih terarah dalam mengedukasi masyarakat, tidak hanya pada aspek ibadah, tapi juga dalam literasi zakat, wakaf, dan nilai-nilai moderasi beragama,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Subekti, Ia menilai pengarahan ini sebagai bentuk nyata perhatian pimpinan terhadap soliditas tim kerja.

“Koordinasi langsung seperti ini sangat penting untuk menjaga semangat, kekompakan, dan kesamaan arah dalam pelayanan,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, KUA Batanghari berharap dapat terus meningkatkan sinergi internal demi mewujudkan pelayanan keagamaan yang unggul, profesional, dan berdampak nyata bagi masyarakat. ***(NL)

Share | | | |

Infografis