Inovasi Pelayanan Kepada Masyarakat, KUA Sentajo Raya Luncurkan
Daerah

Inovasi Pelayanan Kepada Masyarakat, KUA Sentajo Raya Luncurkan "Pojok Konsultasi"

  04 Jun 2025 |   66 |   Penulis : Biro Humas APRI Riau|   Publisher : Biro Humas APRI Riau

Kuansing (Humas) Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang keagamaan, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sentajo Raya menghadirkan sebuah inovasi layanan baru bernama “Pojok Konsultasi”. Program ini digagas langsung oleh Kepala KUA Kecamatan Sentajo Raya, Rindra Febrian, sebagai bentuk nyata pelayanan prima kepada masyarakat. Pada Selasa 3 Juni 2025.

Pojok Konsultasi hadir sebagai ruang terbuka yang disediakan khusus untuk melayani berbagai kebutuhan informasi dan konsultasi masyarakat, mulai dari urusan pernikahan, keharmonisan keluarga, pembinaan keagamaan, hingga pelayanan administrasi keagamaan lainnya.

“Inovasi ini kami hadirkan sebagai bentuk komitmen KUA Kecamatan Sentajo Raya dalam memberikan pelayanan terbaik dan profesional. Melalui Pojok Konsultasi, masyarakat kini dapat lebih mudah mendapatkan bimbingan serta konsultasi langsung dengan petugas KUA, baik secara formal maupun informal,” jelas Rindra Febrian.

Menurut Rindra, keberadaan ruang konsultasi ini merupakan bagian dari upaya menciptakan suasana pelayanan yang humanis, terbuka, dan solutif. Dengan pendekatan yang lebih personal, diharapkan masyarakat merasa lebih nyaman dan terbantu dalam menyelesaikan berbagai persoalan keagamaan yang mereka hadapi.

"KUA tidak hanya mengurusi administrasi pernikahan, tetapi juga hadir sebagai pelayan umat di tingkat kecamatan. Dengan Pojok Konsultasi ini, kami ingin memastikan bahwa masyarakat merasakan langsung kehadiran dan manfaat dari Kementerian Agama di tengah-tengah kehidupan mereka,” imbuhnya.

Rindra Febrian juga menegaskan bahwa inovasi ini sejalan dengan arahan Kementerian Agama Republik Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis kebutuhan umat.

“Kita tidak bisa hanya menunggu masyarakat datang dengan persoalannya. Kita harus proaktif, adaptif, dan responsif terhadap dinamika yang berkembang di tengah masyarakat. Itulah esensi dari pelayanan prima yang ingin kami bangun di KUA ini,” tutupnya. (RDW)

Share | | | |